Rabu, 22 November 2017



SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Berbagai bidang aktifitas manusia sejak dahulu orang sudah  bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain dengan menggunakan berbagai jenis instrumen/alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang disimpan (sumber daya data).

A.        DEFINISI SISTEM INFORMASI
1.1       Pengertian Sistem dan Informasi
            Pengertian Sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama           dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan       melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai         tujuan. Sistem memiliki beberapa       karakteristik atau sifat yang terdiri     dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem,          penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan Pengertian Informasi adalah data yang     diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya dan untuk    mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan     mengenai suatu keadaan. Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi           teratur dari orang-orang, hardware, software,  jaringan komunikasi dan         sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan         informasi dalam sebuah organisasi.

 1.2      Fungsi Sistem Informasi 
·      Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
·      Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
·   Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
·       Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
·       Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
·       Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi 
·       Mengembangkan proses perencanaan yang efektif  

1.3.  Komponen Sistem Informasi (SI)
            Komponen-komponen dari sistem informasi adalah sebagai berikut  :
1.      Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi 
2.   Komponen model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3.   Komponen output adalah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. 
4.      Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem. 
5.      Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
6.      Komponen kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
1.4       Ciri-Ciri Sistem Informasi 
a.       Baru,adalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima 
b.      Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada. 
c.       Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
d.      Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada

1.5       Beberapa contoh  Sistem Informasi :
·  Sistem reverensi pesawat terbang, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket.
·    Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan.
·     Sistem biometrik yang mencegah orang yang tidak berkenaan memasuki fasilitas-fasilitas rahasia atau mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan cara menganalisa sidik jari/retina mata.
·    Sistem point of sale (POS), diterapkan banyak swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data.
·    Sistem telemetri/pemantauan jarak jauh yang menggunakan teknologi radio, misalnya untuk mendapatkan suhu lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api.
·   Sistem berbasis kartu cerdas, dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien karena didalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien.
·      Sistem layanan akademis berbasis Web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data akademis atau bahkan dapat mendaftarkan mata kuliah-matakuliah yang diambil pada semester baru.
·      Sistem pertukaran data elektronik (Electronic Data Interchange atau EDI) memungkinkan pertukaran dokumen antarperusahaan secara elektronis dan data yang terkandung dalam dokumen dapat diproses secara langsung oleh komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*3 Filter Sebuah Informasi* Di Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari seora...